5 Tips Mudah Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Sepatu kulit menjadi salah satu produk fashion yang hingga detik ini punya jumlah peminat yang banyak. Produk sepatu berbahan kulit memiliki kesan eksklusif dan sangat elegan sehingga membuat kaum pria merasa lebih percaya diri. Agar bisa tetap bertahan bagus dan awet dipakai, sepatu kulit pria harus dirawat dengan cara yang tepat.

Merawat Sepatu Kulit

Terbuat dari bahan kulit, sepatu ini biasanya dibanderol dengan harga yang mahal. Anda sebaiknya merawat produk ini dengan sangat hati-hati agar tidak merasa kecewa. Berikut adalah 5 tips mudah perawatan sepatu berbahan kulit yang dapat dipraktikkan di rumah.

1.     Bersihkan dengan Losion

Sepatu kulit akan terlihat lebih elegan dan menawan jika dalam kondisi yang bersih atau bebas dari debu dan noda. Salah satu langkah pembersihan yang dapat dilakukan adalah dengan mengusapkan losion. Jenis losion yang dipakai tidak sembarangan, namun losion yang memang khusus digunakan untuk mengelap sepatu berbahan kulit.

Pengolesan bahan losion ini akan membantu mengangkat noda-noda yang menempel pada sepatu. Hindari penggunaan lap basah karena bisa menyebabkan permukaan kulit jadi mudah pecah. Jika noda di sepatu sangat sulit dibersihkan hanya memakai losion, maka rendam air panas kemudian usap dengan lap yang lembut dan keringkan.

2.     Jauhkan dari Lingkungan Lembab

Simpan sepatu kulit Anda di tempat yang bersih dan kering. Hindari meletakkan sepatu di lokasi yang lembab. Jenis sepatu berbahan kulit tidak akan bertahan lama di lingkungan yang lembab. Kualitas sepatu sudah pasti akan menurun karena kelembaban bisa memicu munculnya jamur dan membuat bahan kulit jadi pecah-pecah.

 

Demi menjaga kondisi sepatu tetap kering, cobalah meletakkan silica gel di kotak penyimpanan sepatu. Silica gel akan bekerja efektif menyerap kelembapan dan menjaga sepatu selalu kering. Penggunaan silica gel akan membantu kualitas sepatu kulit tetap terjaga dengan baik.

3.     Simpan dengan Pengganjal

Selain memberikan silica gel di kotak penyimpanan, siapkan pula pengganjal sepatu. Sepatu kulit sebaiknya disimpan menggunakan pengganjal. Benda ini akan membantu menjaga bentuk atau struktur dari sepatu tersebut. Jika disimpan memakai pengganjal, maka bentuk sepatu kulit pria tidak akan berubah dan tetap nyaman untuk dikenakan.

4.     Keluarkan dari Kotak Sesekali

Jika Anda adalah pecinta sepatu kulit dan punya banyak koleksi, maka luangkan waktu untuk mengeluarkan sepatu-sepatu ini dari kotaknya. Biarkan sepatu menghirup udara segar dan terhindar dari kelembaban dalam kotak. Paling tidak keluarkan sepatu dari dalam kotak penyimpanan satu kali dalam dua minggu. Bila perlu jemur sepatu di bawah paparan sinar matahari tidak langsung.

5.     Semir secara Berkala

Penyemiran bisa menjadi salah satu langkah untuk merawat kondisi sepatu kulit Anda. Lakukan penyemiran secara berkala, tidak perlu setiap hari. Saat menyemir sepatu, usahakan untuk mengusapkan semir dalam arah yang sama atau satu arah. Cara ini diterapkan untuk menghasilkan warna sepatu yang lebih natural. Semir sepatu secara perlahan hingga berkilau merata dan terlihat semakin indah.

Itulah tadi 5 tips merawat sepatu kulit pria yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika dirawat secara tepat maka kualitas sepatu pasti akan terjaga dengan baik. Sebagai saran, jika Anda menyukai sepatu kulit maka bijaklah menggunakannya. Jangan membeli dan menyimpan terlalu banyak sepatu. Terapkan prinsip one in one out agar perawatan sepatu bisa dilakukan lebih fokus dan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *