5 Panduan Cara Membuat SIM Online

SIM menjadi salah satu dokumen yang penting untuk dimiliki oleh para pengguna kendaraan bermotor. Kini prosedur pembuatan SIM bertambah praktis dan semakin cepat karena diakses lewat media online. Cara membuat SIM online begitu sederhana dan bisa diakses secara cepat kapan saja dibutuhkan.

Membuat SIM secara Online

Bagi Anda yang ingin mengajukan pembuatan SIM tanpa ingin antre, maka bisa langsung masuk ke website sim.korlantas.polri.go.id. Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran yang perlu diikuti.

1.     Lakukan Registrasi

Tahap pertama yang harus dilalui setelah bisa masuk ke laman situs adalah mendaftar. Anda harus melakukan registrasi dengan memilih menu Pendaftaran SIM Online yang ada pada laman website.

2.     Isi Formulir

Jika sudah berhasil registrasi, segera lakukan pengisian formulir. Anda harus mengisi data atau informasi pribadi secara lengkap. Biasanya data yang diminta adalah identitas diri, golongan SIM yang diinginkan, dan lain sebagainya.

3.     Lakukan Konfirmasi

Setelah mengisi data secara lengkap, segera lakukan konfirmasi. Periksa kembali semua data yang sudah Anda masukkan. Pastikan bahwa semua data tersebut sudah tepat dan bisa dipertanggungjawabkan.

4.     Pilih Cara Pembayaran

Cara membuat SIM online tahap berikutnya yaitu memilih metode transaksi biaya pembuatan SIM tersebut. Tersedia beragam pilihan pembayaran dan Anda bisa memilih metode yang paling praktis. Biasanya pembayaran dilakukan lewat ATM sesuai jenis bank yang sudah disetujui. Selain memilih metode pembayaran, lakukan juga pengisian nomor rekening jika nanti sewaktu-waktu diperlukan pengembalian dana.

5.     Pilih Tanggal Kedatangan

Setelah menentukan metode pembayaran, pilih tanggal atau jadwal kedatangan ke kantor polisi. Perlu diingat bahwa proses pembuatan SIM tidak sepenuhnya bisa dilakukan secara online. Anda tetap harus datang ke kantor polisi untuk mengikuti ujian berkendara. Pilih tanggal yang tepat dimana Anda bisa meluangkan waktu ke kantor polisi yang dipilih.

Itulah tadi prosedur pembuatan SIM online. Jika pendaftaran sudah dilakukan, maka siapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti ujian. Anda juga biasanya akan menjalani pemeriksaan kesehatan singkat sebelum mendapatkan SIM. Setelah berhasil memiliki SIM maka Anda bisa berkendara dengan nyaman namun tetap harus berhati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *